BMW F 900 R
Dengan Dynamic Roadster F 900 R, BMW Motorrad semakin memperluas jajaran produknya di segmen menengah. Model ini menawarkan pengalaman berkendara yang sporty, handling yang mudah dan berbagai pilihan perlengkapan tambahan.
Percaya diri, sporty, aktif, fokus pada pengalaman yang dinamis – ini adalah bagaimana penggemar BMW F 900 R dapat digambarkan. Roadster dinamis baru oleh BMW Motorrad menyiratkan kebebasan dan gaya hidup modern. Secara emosional, gaya sport dan desain agresif sejalan dengan performa dalam hal output mesin, torsi, dan suara yang dihasilkan. Sebagai tambahan, motor ini memiliki tingkat fungsionalitas yang tinggi dan sesuai untuk digunakan untuk berkendara sehari-hari baik untuk pengendara pemula dan pengendara berpengalaman.
BMW F 900 R saat ini menetapkan tolak ukur (benchmark) teknologi di segmen mid-range dengan perlengkapan standar berkualitas tinggi (Konektivitas, LED serba standar) dan beragam fitur termasuk Adaptive Cornering Light, Keyless Ride, Dynamic ESA, Riding Mode Pro, Gearshift Assistant Pro, MSR (Engine Drag Torque Control), DTC (Dynamic Traction Control), DBC (Dynamic Brake Control), RDC (Tyre Pressure Control).
Dalam F 900 R yang baru, pengalaman berkendara yang lebih baik didapatkan dari pengembangan lebih lanjut dari mesin 2 silinder segaris yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018 di F 850 GS, sekarang dengan 77 kW (105 hp) dan bahkan kurva torsi yang lebih penuh. Faktor utamanya adalah peningkatan kapasitas menjadi 895 cc (sebelumnya 853 cc) sehingga mesin menghasilkan suara yang sangat emosional.
Selain kopling anti-hopping sebagai standar, F 900 R yang baru dilengkapi dengan engine drag torque control (MSR) untuk pertama kalinya. Fitur ini mencegah roda belakang dari tergelincir sebagai akibat dari throttling atau downshifting, sehingga memastikan keamanan yang lebih baik.
BMW F 900 R versi Indonesia menawarkan riding modes pro yakni “Rain”, “Road”, “Dynamic” dan “Dynamic Pro” sebagai standar. Perlengkapan standar juga mencakup ABS pro dan ASC (Automatic Stability Control), yang dapat dinonaktifkan.
Seperti model GS di Seri F, BMW F 900 R menggunakan rangka jembatan baja (steel bridge frame) yang mengintegrasikan mesin sebagai elemen penahan beban (load bearing) dan tangki bahan bakar yang sekarang kembali ke posisi semula yaitu di depan pengendara. Kontrol roda depan didukung dengan suspensi upside-down, sedangkan roda belakang didukung oleh lengan ayun (Swing arm) dua sisi dengan penyangga suspensi tengah.
Tangki bahan bakar plastik yang ringan dengan kapasitas 13 liter adalah yang pertama di dunia dalam konstruksi sepeda motor. Rangka belakang baja dengan baut juga baru dikembangkan pada BMW F 900 R untuk menciptakan bagian belakang yang pendek dan ramping secara visual. Mempertimbangkan F 900 R baru adalah roadster dinamis yang berfokus pada penggunaan sporty, maka jarak main (travel) suspensi belakang dibuat lebih pendek.
Dengan BMW Motorrad Dynamic ESA (Electronic Suspension Adjustment), maka dimungkinkan untuk lebih jauh lagi meningkatkan pengalaman dan kenyamanan berkendara dimana tingkat peredaman (damping) dari suspensi belakang dapat secara otomatis menyesuaikan dengan kondisi berkendara dan manuver yang dilakukan.
Adaptive Cornering Headlight sebagai standar, memberikan tingkat keamanan yang lebih baik. Pengendara mendapat manfaat dari penerangan yang lebih baik ketika menikung untuk berkendara yang lebih aman di malam hari. Semua unit pencahayaan dalam model F baru didasarkan pada teknologi LED sebagai standar. Fitur ini aktif pada kemiringan minimum motor 10 derajat dan kecepatan minimum 10 Km/H.
Layar TFT 6,5 inci berwarna yang dapat dibaca dengan sempurna dengan BMW Motorrad Connectivity sebagai standar. BMW Motorrad sangat mementingkan visibilitas optimal untuk kluster instrumen – bahkan dalam kondisi pencahayaan yang sulit. Selain itu, keragaman informasi, kualitas tampilan, dan keramahan pengguna dibuat dengan sangat baik. Grafik pada layar secara visual disesuaikan dengan konsep yang sporty. BMW Motorrad Connectivity sebagai standar adalah fitur unik di kelas menengah, menawarkan kemampuan untuk berbicara dengan nyaman di telepon, mendengarkan musik, atau menavigasi saat berkendara.
Sebagai roadster yang dinamis, BMW F 900 R menawarkan posisi tempat duduk yang sangat sporty. Berbagai kursi rendah dan tinggi bersama dengan lowering kit yang opsional juga memungkinkan penyesuaian terhadap berbagai ketinggian tubuh. F 900 R baru tersedia dalam pilihan warna Blackstorm metallic, San Marino Blue metallic dan Style Sport pada Hockenheim Silver metallic / Racing Red.
Yang menarik dari BMW F 900 R baru:
- BMW F 900 R yang baru: roadster dinamis untuk kesenangan berkendara yang murni.
- Pengintegrasian Mesin 2 silinder segaris yang dikembangkan lebih lanjut dengan peningkatan kapasitas 895 cc (sebelumnya 853 cc).
- Output dan torsi yang ditingkatkan lebih lanjut: 77 kW (105 hp) pada 8750 rpm dan 92 Nm pada 6500 rpm.
- Torsi lebih dari 87 Nm dari 4 500 hingga 8 500 rpm sehingga tenaga tersedia secara instan.
- Tingkat kehalusan mesin yang tinggi karena dua poros penyeimbang yang berlawanan (Counterbalance Shafts).
- Mode berkendara “Rain”, “Road”, “Dynamic” dan “Dynamic Pro” serta ABS dan ASC sebagai standar.
- Dynamic Traction Control (DTC), ABS Pro, Dynamic Brake Control (DBC) dan Engine Drag Torque Control (MSR).
- Rangka jembatan baja (Steel bridge frame) untuk kekakuan, ketahanan, dan presisi berkendara yang optimal.
- Rangka belakang baja yang ramping yang baru dikembangkan.
- Pertama di dunia dalam konstruksi sepeda motor: tangki bahan bakar yang dilas dari plastik yang ringan dengan kapasitas 13 liter (F 900 R) dan 15,5 liter (F 900 XR).
- Suspensi depan Upside-down dan lengan ayun (Swing arm) dua sisi aluminium dengan penyangga suspensi tengah bagian belakang.
- Jarak main (Travel) suspensi 135 mm di depan, 142 mm di belakang.
- Electronic Suspension Adjustment (Dynamic ESA) di bagian belakang
- ABS Pro untuk keamanan yang lebih baik saat pengereman ketika menikung.
- Adaptive Cornering Headlight
- Layar TFT 6,5 inci berwarna yang dapat dibaca dengan sempurna dengan konektivitas sebagai standar.
- Unit pencahayaan LED secara keseluruhan sebagai standar.
- Keyless Ride untuk menyalakan motor dengan nyaman
- Desain roadster dinamis dengan bagian depan berotot, grafis lampu depan agresif dan bagian belakang pendek dan ramping.
- Pengerjaan berkualitas tinggi hingga detail terakhir.
- Tiga varian warna: Blackstorm metallic, San Marino Blue metallic dan Hockenheim Silver metallic / Racing Red.
- Berbagai pilihan perlengkapan opsional tambahan dan Aksesoris original BMW Motorrad.